Fakta atau Mitos! Hati Hati Sis Pakai Bra Berkawat Bisa Sebabkan Kanker Payudar4, Ini Jawabannya!

Kamu sering dengar kalau memakai bra berkawat dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudar4? Rumor itu memang berkembang di masyarakat, namun apakah itu fakta atau mitos. Apalagi salah satu bra yang cukup banyak diminati oleh kaum hawa adalah bra berkawat.


Sebagai informasi, bra berkawat berbeda dengan jenis bra tanpa kawat yang cenderung nyaman untuk dipakai saat tidur atau melakukan olahraga. Bra berkawat sendiri sebenarnya diciptakan bagi wanita dengan payudar4 dengan ukuran yang cenderung besar.

Adanya kawat pada bra ini akan membuatnya mampu menopang p4yudara yang berukuran lebih besar dan berat. Berdasarkan informasi dari Dokterpedia, penggunaan bra berkawat tidak ada hubungannya dengan penyebab kanker p4yudara. Karena memang belum ada penelitian lebih lanjut, yang membuktikan bahwa rumor ini benar adanya.

Pakar kesehatan sendiri menyebutkan bahwa jenis bra yang dipakai, durasi memakai bra, atau memakai bra saat tidur atau tidak belum bisa menjadi faktor penyebab kanker p4yudara.

Hanya saja, melihat adanya dampak buruk yang didapatkan jika memakai bra berkawat yang tidak tepat, maka ada baiknya kita lebih berhati-hati dalam memilih bra jenis ini.

Apalagi fungsi bra adalah untuk menopang p4yudara dan juga mampu membuat postur tubuh kaum hawa menjadi lebih proporsional.

Melansir Kompas.com, kamu perlu perhatikan sejumlah faktor ini saat memilih bra. Hal ini tentunya menentukan tipe p4yudara yang kamu miliki. Tipe p4yudara terbagi menjadi bentuk ceper, bulat pir, setengah bulat, pepaya dan panjang.

Sementara model cup bra terdiri dari setengah cup, tigaperempat cup, full cup. Busa pada bra juga terbagi menjadi beberapa tipe, seperti tipis, sedang, tebal.

Menurut Lucia Niken, National Marketing Manager Sorella, jika p4yudara kamu berbentuk ceper atau berukuran kecil, jika masih masa puber, pilih miniset.
Namun untuk dewasa, pilih bra dengan busa tebal.

"Jika cup tidak sesuai, bisa tambahkan busa. Busa juga bisa membantu menopang p4yudara," jelasnya.

Kalau p4yudara bulat pir, pilih bra tiga perempat cup dengan busa bawah yang tebal.

Sementara bentuk p4yudara setengah bulat, pilih bra busa tipis dengan model cup tigaperempat atau full cup.

P4yudara bentuk pepaya sebaiknya ditopang dengan bra berbusa tipis dan full cup.

Sedangkan p4yudara yang panjang sebaiknya ditopang dengan bra berbusa tebal di bawah dengan model cup tigaperempat.

Jika pilihan bra kamu sudah tepat, agar lebih nyaman, praktikkan juga cara memakai bra sebagai berikut.

1. Bungkukkan badan ke arah depan 45 derajat.

2. Pasang bra dari bawah ke atas.

3. Gunakan kedua tangan untuk mengaitkan bra di belakang punggung.

4. Tegakkan badan kembali.

5. Masukkan sebelah tangan ke cup untuk membetulkan p4yudara bagian samping.

6. Rapikan tali bra. Jarak tali bra tidak lebih 3 cm dari pundak.

7. Rentangkan tangan ke atas untuk memastikan posisi p4yudara sudah tepat.