Kata Dokter, Begini Ciri-ciri Anak Sehat Secara Fisik dan Mental

Orang tua mana yang tidak menginginkan supaya anaknya bisa sehat dan bugar, baik secara fisik maupun mental. Seperti apa ya ciri-cirinya?


Menurut dokter spesialis gizi klinik RSUD Tangerang, dr Dian Permatasari, SpGK, tumbuh kembang yang ideal adalah ketika sesuai dengan usia anak. Secara fisik, salah satu ciri yang biaa dilihat adalah mata yang jernih dan tampak bersih.

Selain itu, rambut juga bersinar, bibir tampak segar dan tak pucat, serta anak tampak berenergi untuk melakukan berbagai aktivitas lainnya.

"Anak sehat biasanya gesit, gembira, nafsu makannya juga baik. Dia juga pandai dan mudah beradaptasi dengan berbagai lingkungannya. Kalau secara gizi anak kurang, biasanya dia tampak memiliki kemampuan sosial yang baik," tutur dr Dian dalam talkshow 'Dunia Sahabat SGM Eksplor' di Kota Kasablanka, Jakarta, Jumat (24/2/2017).

dr Dian mengingatkan pentingnya bagi orang tua untuk memastikan nutrisi anak terpenuhi. Sebab nutrisi merupakan salah satu faktor penting yang memengaruhi tumbuh kembang anak sejak kecil sampai dewasa.

"Perhatikan pemenuhan nutrisi yang tepat agar tumbuh kembang anak dapat berjalan optimal, sesuai dengan perkembangan usianya. Anak yang terpenuhi nutrisinya akan menjadi anak yang sehat dan berpotensi memiliki keterampilan sosial lebih baik," imbuhnya.

Untuk memastikan hal tersebut, dr Dian menganjurkan para orang tua untuk memantau tumbuh kembang anak melalui kurva pertumbuhan di Kartu Menuju Sehat (KMS). "Yang pasti berat badan, tinggi badan dan lingkar kepala anak harus sesuai usianya," pesan dr Dian.
Sumber