Tanpa Kamu Sadari, 4 Lagu Ini Bisa Memanggil Hantu


Makhluk ghaib yang sering menakut nakuti manusia ialah setan. Di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan hantu. Ada banyak jenis hantu di Indonesia dari pocong, gederuwo, kuntilanak, tuyul, dan yang lainnya. Tujuannya sudah jelas,  makhluk ini menampakkan diri karena mereka ingin melemahkan iman manusia.

Meskipun tidak diharapkan muncul, tetapi percayalah bahwa sebagian orang penasaran dengan keberadaan hantu. Jika kamu termasuk orang yang penasaran dengan keberadaan mereka, kamu bisa memanggilnya.

Salah satu caranya adalah dengan bernyanyi. Ya, ada segelintir lagu yang dipercaya mampu memanggil  makhluk yang tidak kasat mata tersebut.

1. Lengser Wengi
Inilah lagu pemanggil hantu paling terkenal di Indonesia. Entah benar atau tidak, yang pasti masyarakat sudah terlanjur percaya bahwa menyanyikan lagu ini sama dengan memanggil kutilanak.

Padahal sejarah dari lagu ini sangatlah baik. Sunan Kalijaga menciptakan lagu ini untuk keperluannya menyebarkan agama Islam. Seperti yang diketahui Sunan Kalijaga memang kerap menyebarkan agama Islam melalui seni yang begitu digemari masyarakat jawa, seperti wayang, nyanyian, maupun parikan (pantun).

Menariknya lagi, lagu lengser wengi mengambil tema penolakan terhadap makhluk halus. Hal ini untuk mencegah manusia terjerumus dari godaan setan.

Sementara itu, menurut beberapa sumber, penyebab lagu ini berbalik jadi lagu pemanggil hantu karena salah satu adegan di film Kuntilanak. Sejak saat itu masyarakat justru lebih mengenal lagu ini sebagai lagu pemanggil setan.

2. Malam Satu Suro
Malam satu suro merupakan malam pergantian tahun dalam kalender Hijriah atau kalender Islam (note: kalender Jawa dan Islam memiliki banyak kemiripan). Setiap malam satu suro, masyarakat Jawa kerap melakukan tradisi-tradisi unik, seperti mencuci keris atau mengadakan slametan.

Malam satu suro juga memiliki lagu sendiri. Lagu ini dipopulerkan dalam film Sundel Bolong yang diperankan oleh Suzana. Meski liriknya tidak menyeramkan, namun berkat film tersebut masyarakat mempercayai jika lagu ini berhubungan dengan Sundel Bolong.

3. Asereje
Belasan tahun lalu, grup vocal asal Spanyol, Last Ketchup menyanyikan sebuah lagu yang cukup populer. Lagu tersebut berjudul Asereje. Saking populernya, lagu tersebut juga kerap dilantunkan di berbagai radio di Indonesia.

Beberapa bulan pasca perilisan, dunia kembali dibuat heboh tentang makna dari lagu Asereje. Menurut sebagian orang, lirik dari lagu itu merupakan bacaan untuk memanggil setan. Bahkan terdapat lirik yang tidak ada artinya di kamus Bahasa Spanyol.

Tentu ini sangat aneh. Bagaimana mungkin musisi asal Spanyol menciptakan lagu menggunakan bahasanya sendiri namun tidak mengetahui arti dari liriknya.

4. Nina Bobo
Sewaktu kecil pernahkah ibumu menyanyikan lagu Nina Bobo ketika kamu akan tidur ? Lagu ini memang sangat terkenal sebagai lagu pengantar tidur. Liriknya yang sederhana dan suara lembut dari seorang ibu mampu membuat anaknya tertidur setelah dinyanyikan lagu ini.

Namun tahukah kamu bagaimana sejarah dari lagu ini ? Menurut beberapa sumber, lagu ini diciptakan oleh seorang ibu yang ditinggal mati anaknya. Anak tersebut bernama Nina yang memiliki nama lengkap Helenina Mustika van Rodjnik.

Sayangnya Nina meninggal ketika usianya baru 4 tahun. Merasa depresi, sang ibu kemudian menciptakan lagu ini untuk menidurkan anaknya (yang sebenarnya sudah mati). Si ibu terus menyanyikan lagu tersebut sampai suatu ketika arwah dari Nina tadi mendatangi rumah ibunya karena merasa terpanggil oleh lagu itu.

Apalagi ketika ada anak kecil yang gelisah saat tidur dan terbangun tengah malam, banyak orang percaya bahwa anak itu melihat arwah. Persoalan benar tidaknya mitos tersebut, yang jelas masih banyak orang tua yang menggunakan lagu tersebut untuk menidurkan anaknya.