Sebut Ada Logo PKI di Uang Baru, Rizieq Shihab Kembali Diadukan ke Polisi


Imam Besar FPI Habieb Rizieq Shibab akan bertambah berurusan dengan kepolisian. Jaringan Intelektual Muda Anti Fitnah (JIMAF) melaporkan ke Polda Metro Jaya atas pernyataanya tentang lambang palu arit yang tedapat pada uang kertas baru yang dikeluarkan Bank Indonesia.

Herdiyan Saksono perwakilan dari JIMAF menyebut, komentar Habib Rizieq tentang logo palu arit dalam uang baru itu diunggah ke Youtube oleh akun FPI TV pada 25 Desember 2016. Video berdurasi 2 menit 49 detik itu diduga bermuatan tindak pidana penghasutan.

"Rizieq dalam isi ceramahnya yang beredar luas tersebut bahkan secara terang-terangan merangkai cerita adanya logo PKI dalam uang terbaru dengan menuding sebagai kesalahan pemerintah. Kami merasa perlu mengambil sikap,” ucap dia usai membuat laporan di Polda Metro Jaya, Minggu (8/1/2016).

Laporan diterima Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya dengan nomor laporan LP 92/I/2017/PMJ/Ditreskrimsus. Di mana dalam laporan itu, Rizieq dilaporkan atas tuduhan menyebarkan berita bohong dan kebencian bermuatan SARA seperti yang tertuang dalam Pasal 28 ayat (2) JO Pasal 45 ayat (2) Undang-undang RI nomor 19 tahun 2016 atas Perubahan tentang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik (ITE).

Hediyan membawa sejumlah barang bukti saat melapor. Salah satunya adalah video ceramah Habieb Rizieq dan screenshoot video tersebut. "Dengan demikian kami menilai tudingan Rizieq nyata-nyata meresahkan dan diduga merupakan bentuk penghasutan, fitnah dan berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya yang dapat menimbulkan perpecahan bangsa ditengah panasnya isu SARA," tukasnya.