Mitos vs Fakta Seputar Menstruasi yang Wajib Diketahui Cewek Biar Gak Bingung Lagi

Seperti yang kita ketahui bahwa banyak di masyarakat beredar mitos-mitos seputar menstruasi. Pertanyaanya adalah apakah semua itu benar? Bisa saja mitos itu menjadi fakta jika terbukti secara ilmiah.

Untuk menjawabnya, yuk kita simak bersama informasi tentang mitos dan fakta yang berkaitan dengan menstruasi. Kalian simak baik-baik ya...


#1. Dilarang keramas saat menstruasi.
Dilarang keramas selama masa menstruasi karena bisa membuat rambut rontok. Duuuhhh... yang ada kepala kita malah jadi gatel-gatel. Sampai sekarang belum ada penelitian yang mendukung mitos tersebut. Bisa jadi rontoknya karena gak cocok sama sampo yang dipakai.

#2. Berenang saat haid bisa mandul.
Ini juga belum bisa dibuktikan kebenarannya. Alasan orang gak berenang selama haid karena merasa gak nyaman aja. Biasanya juga karena takut nanti waktu naik dari kolam, darahnya kemana-kemana.

#3. Bau cewek haid disukai sama hantu.
Kalau dengar mitos yang satu ini kita sebaiknya menganggapnya sebagai lelucon. Katanya hantu suka mengganggu perempuan sedang haid karena bau amis. Ini sebenarnya pengaruh dari halusinasi dan pikiran perempuan yang complicated saat haid.

#4. Stres bikin haid gak teratur.
Ini termasuk salah satu fakta tentang menstruasi. Jika kamu sedang mengalami stres, maka siklus menstruasimu juga akan berubah. Stres bisa berupa rasa cemas berlebihan dan gelisah yang akan membuat siklus menstruasimu datang lebih cepat atau lambat.

#5. Berhubungan seks saat haid gak bikin hamil.
Ini hanya mitos ya... karena sebenarnya bikin hamil atau tidaknya saat berhubungan seks itu tergantung sama masa subur setiap cewek. Apalagi saat haid, hormon progesterone justru meningkat.

#6. Karena haid cewek jadi suka marah-marah.
Hal ini memang benar karena pada saat haid, cewek mengalami perubahan hormon. Hormon tersebut berpangaruh pada fisik dan psikis cewek. Sehingga akan muncul perasaan-perasaan yang gak karuan dan pegal atau sakit pada tubuh cewek saat akan haid biasa disebut PMS (Premenstrual Syndrome).

#7. Cewek jadi lemas karena darah keluar.
Sebenarnya yang buat kamu lemas bukan darah yang keluar. Tetapi karena faktor lain dalam tubuh. Darah yang keluar adalah darah kotor, jadi bagus jika keluar dari tubuh kita. Jumlah darah haid yang dikeluarkan juga hanya secangkir saja.

#8. Haid bikin cewek doyan makan.
Memang benar. Nafsu makan saat haid jadi meningkat karena perubahan hormon di dalam tubuh. Cewek juga membutuhkan 110 - 500 kalori saat menjelang masa menstruasi. Inilah kenapa rasanya jadi pengen makan terus.

#9. Minum es saat haid bikin darah membeku.
Ini cuma mitos aja ya guys. Jadi gak perlu khawatir kalau kalian minum air es waktu menstruasi. Darah haid kalian gak akan membeku. Dinding rahim juga gak akan mengeras seperti yang kalian pernah dengar.

#10. Minum soda kalau mau menstruasi selesai.
Secara umum, soda itu gak bagus buat tubuh kamu. Soda buat nutrisi dalam tubuhmu jadi gak seimbang sehingga bisa mempengaruhi siklus menstruasimu terganggu. Sebaiknya perbanyak minum air putih saat haid.

#11. Banyak minum susu bisa bikin nyeri haid.
Susu gak ada kaitannya sama nyeri haid ya guys. Nyeri itu disebabkan karena banyak faktor dalam tubuh kita. Minum susu justru akan memberikan magnesium dan kalsium berguna untuk mengurangi rasa nyeri.

Jadi dari berbagai banyak mitos yang beredar, kamu jangan langsung cepat mempercayainya sebelum mendapatkan informasi yang masuk akal ya. Pastikan selalu cek dan ricek kebenarnya.