Misteri Tunggul Kayu Berusia 120 Tahun di Tengah Danau

Meskipun beberapa orang menilai tunggul kayu yang terlihat di permukaan danau itu adalah tunggul biasa, ternyata ada sesuatu misteri disana. Usia tanggul kayu inilah yang membuat dia menjadi istimewa.Tanggul kayu ini berada di danau tersebut sejak 120 tahun silam dengan panjang tanggul 9 meter.
Misteri Tunggul Kayu Berusia 120 Tahun di Tengah Danau
© Liputan6.com
Saking tuanya, tunggul kayu yang berada di Danau Kawah Oregon ini dijuluki Old Man of the Lake oleh penduduk setempat. Yang menakjubkan, berdasarkan pengamatan, tunggul kayu ini telah berpindah sejauh hampir 100 meter dari tempatnya semula.

Tunggul kayu itu sendiri sebenarnya tampak biasa saja. Bagian yang terendam air, permukaannya berwarna putih karena dimakan waktu. Sementara yang berada di dalam air, tertutup lumut. Ukuran dan beratnya cukup untuk seseorang berdiri di atasnya.

Melansir dari The Sun, Senin (05/09/2016), pada tahun 1902, ahli geologi Joseph S. Diller menjelaskan dalam sebuah laporan bahwa ia telah menemukan tunggul kayu besar itu enam tahun sebelumnya. Jika demikian, berarti tunggul kayu itu paling tidak telah berada di sana sejak tahun 1896.

Tunggul kayu dijadikan sebagai titik menarik yang tidak boleh terlewatkan oleh para pengunjung yang datang ke danau kawah tersebut menggunakan tur kapal. Keunikan tanggul kayu lah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang ke Danau Oregon.