Inilah Fokus Program Jokowi Tahun 2017 Nanti


Presiden Joko Widodo mengungkapkan program kerja pemerintahan tahun 2017 dan 2018 akan fokus terhadap program pemerataan.

"Walaupun kita tahu angka Gini ratio kita semakin membaik, apa pun jika dilihat angkanya masih di posisi yang tinggi. Untuk itu kita harus kerja keras, mati-matian dalam rangka menurunkan angka kesenjangan kita, baik antarwilayah ataupun kesenjangan akya dan miskin," tutur Jokowi sebagaimana yang kami kutip dari laman Tempo, Rabu (4/1/2017).

Orang nomor 1 di Indonesia itu menegaskan, program pemerataan ini akan menjadi sebuah perhatian besar pemerintahannya nanti. Di program ini Presiden Jokowi memerintahkan untuk memperluas akses rakyat untuk mendapatkan keterampilan lewat program pendidikan kejuruan, vokasi serta vokasional training.

"Kemarin saya lihat di Kementerian Tenaga Kerja sudah bekerja sama dengan Kadin. Saya fikir kementerian yang dilibatkan semakin banyak dan di koordinasi oleh menteri koordinator, saya kira akses rakyat untuk mendapatkan keterampilan ini benar-benar besar, bukan lagi berjumlah ribuan, tapi sudah jutaan," tambahnya lagi.

Untuk program Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar, Presiden ingin pemberiannya diperluas lagi, dan itu segera dimulai.

Di kesempatan tersebut juga Jokowi mengingatkan untuk tidak melupakan pembangunan budaya, karakter serta mental bangsa agar terwujudnya keadilan sosial.