Fakta Unik dan Menarik Tentang Antartika yang Jarang Diketahui

Fakta Unik dan Menarik Tentang Antartika

Jumlah benua yang ada di bumi ini adalah 6 benua yang terdiri dari Amerika, Australia, Eropa, Afrika , Asia, dan Antartika. Benua Antartika merupakan benua yang mungkin jarang dibahas. Hampir tidak ada manusia yang bisa hidup dan berdiam dibenua yang satu ini disebabkan karena suhunya yang amat dingin.

Benua ini terletak di kutub selatan dan jauh dari kehidupan manusia yang rata-rata tinggal di kawasan khatulistiwa. Selain terkenal dengan suhunya yang sangat ekstrem, ada lagi beberapa fakta menarik tentang benua yang satu ini. Dan berikut ini fakta-fakta menarik Benua Antartika yang dirangkum tim Bacatulisan.com dari berbagai sumber.

#1. Gurun terbesar ada di benua ini
Gurun tak melulu seputar hamparan pasir yang luas dan kering. Di Antartika terdapat gurun es yang dingin dan menjadi gurun terbesar di dunia.

#2. Tidak semuanya es
Jika anda berpikiran bahwa di Antartika hanya ada es, maka anggapan anda salah besar. Faktanya di benua ini terdapat 300 danau hasil dari es yang mencair.

#3. Terdapat gunung berapi
Meski memiliki suhu dingin dan dikelilingi es, tapi faktanya di Antartika juga terdapat gunung berapi. Menariknya, apabila gunung ini meletus tidak mengeluarkan api atau lava, melainkan kristal-kristal es.

#4. Gereja juga ada disini
Bagi anda kaum Nasrani yang kebetulan berkunjung ke Antartika, jangan khawatir tidak bisa menjalankan ibadah. Sebab disini terdapat 7 gereja yang dibangun untuk umat Nasrani.

#5. Ada air berwarna merah darah
Keberadaan air terjun yang airnya berwarna merah darah menjadi salah satu pemandangan menarik di benua ini. Air tersebut bukan darah asli, namun besi - oksida atau besi karat yang tercemar saltwat.