Tak Harus Uang, Inilah Benda-Benda Unik yang Pernah Dijadikan Mas Kawin

Mahar atau yang lebih tenarnya mas kawin, merupakan harta yang diberikan mempelai laki-laki kepada mempelai perempuan ketika akad nikah berlangsung. Pemberian mas kawin ini wajib dibayar karena ini salah satu rukun dalam akad nikah. Bukan hanya dalam agama Islam saja, tapi di agama lainpun juga menggunakan mahar.


Umumnya, mas kawin yang sering digunakan di Indonesia adalah uang tunai atau seperangkat alat sholat. Namun mahar juga tidak melulu soal uang. Bisa juga diganti dengan hal-hal lain, seperti emas dan sebagainya. Selain itu, ada pula orang yang memberikan mas kawin kepada pasangannya dengan benda-benda unik.

1. Uang sebesar Rp 194 juta, 100 bir, dan kotak daging
Kisah tragis dialami seorang gadis berusia 14 asal Amerika Serikat. Bayangkan saja, di usianya yang masih belia, ia harus menikah dengan tetangganya sendiri. Parahnya lagi, hal ini disetujui oleh ayah si gadis.

Sang ayah yang bernama Marcelino de Jesus Martinez bersedia merelakan putrinya dinikahi orang lain asalkan calonnya mampu memenuhi beberapa syarat. Syarat tersebut adalah uang sebesar Rp 194 juta, 100 bir, dan belasan kotak daging sebagai ganti maharnya.

Sayangnya, suami dari anaknya tidak mau membayar mahar tersebut. Marcelino akhirnya melaporkan kejadian ini kepada pihak kepolisian. Menariknya, sang ayah juga ditahan karena membiarkan anaknya menikah diusia muda. Sementara suami anaknya juga ditahan karena dituduh pemerkosaan.

2. Satu juta like di facebook
Seorang ayah di Yaman yang diketahui bernama Salem Ayash, membuat sayembara unik tentang mas kawin. Setiap mempelai laki-laki yang ingin mempersunting anaknya diharuskan mencari 1 juta like untuk lama facebook miliknya. Hal itu sebagai pengganti mahar dan sebagai restu.

Tidak ada waktu yang diberikan untuk sayembara ini. Namun sayangnya, ketika jumlah like telah mencapai angka 35 ribu, tombol suka di akun milik Salem Ayash tidak berfungsi lagi karena dianggap spam.

3. 40 kambing dan 20 sapi
Mungkin banyak orang yang menganggap kisah ini mengada-ada. Namun pada kenyataannya memang benar-benar ada. Godwin Chepkurgor, seorang jurnalis lepas asal Kenya nekat menulis surat yang isinya melamar anak Hillary Clinton, Chelsea dengan mas kawin berupa 40 kambing dan 20 sapi.

Surat tersebut sampai di tangan mantan Menteri Dalam Negeri Amerika Serikat tersebut. Meski sedikit menahan tawa, Hillary tetap menghargai usaha Godwin. Namun semuanya tergantung pada Chelsea, apakah ingin menerimanya atau menolaknya.

Sayangnya, belum sempat surat lamaran tersebut dibalas, Godwin sudah dipanggil Yang Maha Kuasa. Godwin tewas karena diserang gajah.

4. Hafal Al Quran dan Hadits
Munawar Juanan Raden yang notabene merupakan Staf KBRI Damaskus mempersunting wanita cantik asal Suriah bernama Muawiyah Kharraji. Mahar yang dikeluarkan bukan berupa harta benda, melainkan hafalan. Ya, orang tua Muawiyah hanya menginginkan calon mempelai laki-laki hafal Al Qur’an dan Hadits.

Akad nikah sepasang cucu Adam ini dilaksanakan di Suriah. Yang lebih menariknya, konsep acara pernikahan mereka dibuat seperti pernikahan di Indonesia pada umumnya. Bahkan dari semua aspek, berawal dari pakaian pengantin dekorasi dan seluruh konsep yang ada dalam acara pernikahan tersebut menggunakan adat Indonesia.